Hindari Makanan Berikut Yang Bisa bikin Rambut Rontok

Setiap bagian tubuh kita memerlukan nutrisi tersendiri agar tetap terjaga dengan baik. Nutrisi yang diperlukan tubuh berasal dari berbagai macam makanan yang kita konsumsi.Namun beberapa makanan yang dikonsumsi terlalu banyak justru berdampak tidak baik terhadap beberapa organ tubuh kita, salah satunya yaitu pada rambut. Perawatan rambut tidak terbatas pada perawatan dari luar, namun nutrisi yang dibutuhkan rambut juga harus terpenuhi. Agar tidak salah mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh, simak beberapa uraian berikut:

Makanan Manis

Makanan yang menyebabkan rambut rontok salah satunya yakni makanan yang manis. Meski tubuh kita memerlukan makanan manis, namun jika dikonsumsi secara berlebih dapat mengganggu kesehatan rambut.

Rambut akan menjadi lebih mudah rontok jika meneripa asupan nutrisi dari makanan manis yang berlebih. Untuk itu, sebaiknya hindari makanan yang manis. Beberapa makanan manis tersebut yaitu: nasi putih, permen, pasta, margarine, kue, dan makanan manis lainnya.

Ikan

Sumber protein tinggi salah satunya terdapat pada ikan. Meski sangat dibutuhkan oleh tubuh, sebaiknya teliti dahulu asal muasal ikan tersebut hidup. Karena ikan yang diambil dari perairan yang mengandung merkuri sangat berbahaya bagi kesehatan.

Merkuri dapat meningkatkan kerontokan rambut jika dikonsumsi. Karena pada dasarnya merkuri merupakan racun yang dapat merusak nutrisi pada tubuh. Ikan yang mengandung merkuri tinggi biasanya diolah menjadi makanan kaleng, seperti ikan makarel dan ikan tuna.

Makanan Cepat Saji

Beragam makanan cepat saji kini tersedia di banyak restoran. Menu pilihan mulai dari burger, steak, spageti, dan lainnya tersedia dalam sekejap. Harga kini tak lagi menjadi masalah, karena makanan siap saji tersedia mulai dari harga receh hingga ratusan ribu.

Namun lemak jenuh yang terkandung pada makanan siap saji menjadikan pori-pori pada kulit kepala menjadi tersumbat. Hal ini yang menyebabkan banyaknya rambut rontok dari kulit kepala.

Kadar Selenium

Makanan dengan kadar selenium yang tinggi dapat menyebabkan rambut rontok. Selenium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan. Makanan yang mengandung selenium tinggi yaitu : tuna, daging sapi, nasi putih, dan lainnya.

Penutup

Selain faktor makanan, rambut rontok juga dapat disebabkan oleh banyak hal lainnya, seperti tata rambut yang berlebihan, kondisi pasca melahirkan, stress, Anemia, hipotiroidisme, alopecia areata, obat KB, dan lainnya.

Untuk mengatasi rambut rontok, dapat dilakukan dengan menyimak Cara alami membuat rambut tebal dan bervolume. Simak beberapa langkah tersebut, agar raambut rontok dapat segera teratasi. Demikian artikel ini dibuat semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *