5 Penyebab yang Bisa Membuat AC Jadi Tidak Dingin

Air conditioner atau AC adalah salah barang elektronik yang memiliki fungsi untuk mendinginkan ruangan apalah untuk rumah-rumah yang ada di iklim tropis sepert negara Indonesia.  Saat menggunakan AC Anda ini bisa mendapatkan masalah AC Anda ini tidak berfungsi secara maksimal.

Tidak jarang bagi beberapa orang ACnya ini sudah tidak dingin lagi dan hanya mengeluarkan angina saja. Jika hal tersebut terjadi pasti ada beberapa penyebabnya. Yuk kita simak beberapa penyebab AC tidak dingin dibawah ini:

  • Freon AC Habis atau Kurang

Penyebab yang paling pertama adalah bisa karena Freonnya sudah habis atau kurang. Jika hal ini terjadi bisa jadi terdapat kebocoran di jalur pipa sirkulasinya. Dalam Freon AC ini ada zat broming, hidrogen, dan zat klorin, yang bisa membuat AC jadi dingin. Jadi jika freonnya ini kurang dari tekanan yang standar maka pipa dari evaporator AC ini akan menghasilkan sebuah gunpalan es.

  • Bersihkan Filter

Yang membuat AC tidak dingin bisa disebabkan juga oleh fiternya yang kotor karena jarang di bersihkan. Filter yang ada di AC ini berguna untuk menyaring kotoran yang ada didalam udara AC. Cara mengatasi hal ini Anda bisa membersihkan sendiri filter indornya minimal 1 minggu sekali. caranya cukup mudah yaitu dengan membuka filter indooe yang ada dibagian atas kemudian ambil filter udaranya dan cuci dengan menggunakan sabun atau detergen hingga bersih. Sebelum di pasang kembali pastikan filternya sudah kering. Untuk service sebaiknya AC yang ada di rumah ini bisa di service selama 3 bulan sekali.

  • Ampere Kompresor Melebihi Batas Normal

AC yang ukurannya setengah PK ini tidak dingin biasanya di sebabkan oleh kapasitor yang rusak. Tapi jika kapastitornya ternyata baik- baik saja penyebabnya bisa jadi ampere kompresor telah melebihi batas normal. Anda ini bisa mengeceknya dengan menggunakan clamp meter (tang ampere). Caranya cukup mudah hanya dengan menjepit kedua kabel di kiriman di Outdoor. Jangan lupa juga untuk memposisikan saklar clamp meter  di posisi A, jika terlihat angka belebihi batas A maka kompresornya ini lemah. Untuk mengatasi hal ini Anda harus membeli AC baru.

  • Kondensor AC Sudah Kotor

Penyebab yang selanjutnya adalah bisa karena kondensor yang kotor atau rusak. Kondesor ini adanya di bagian luar AC yang fungsinya untuk memanaskan gas refrigerant  di suhu tertentu. Untuk mengatasi hal ini Anda ini harus membersihkan kondensor secara rutin supaya AC Anda jadi dingin lagi. Cara membersihkannya cukup mudah Anda ini bisa mencucinya dengan bantuan air dan sabun, jika sudah Anda bisa menyiramnya secara perlahan dengan air.

  • Luas Ruangan Tidak Sesuai Kapasitas AC

Ruangan yang cukup luas juga bisa jadi salah satu penyebab AC ini tidak dingin. Jadi sangat disarankan sebelum Anda ini membeli AC sebaiknya ukur dulu ruangannya. Jika ruangannya besar maka pilihlah AC yang kapasitasnya besar supaya ruangannya dingin. Untuk ruangan yang ukurannya 3 M x 3 M Anda bisa memasang AC yang kapasitas 1/2 Pk. Jika ukuran ruangan3 M x 6 M Anda bisa memakai AC dengan kapasitas  1 Pk, lalu jika ruangannya berukuran 6 M x 6 M Anda ini bisa memasang AC dengan kapasitas 2PK.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa membuat AC tidak dingin, jadi cobalah cek AC Anda dengan teliti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.