Apa Ada Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Tanpa Obat? Efektif Gak Sih?

cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat

Pernahkah kamu mengalami dada yang terasa panas ditambah dengan perut mules? Secara umum pasti kita menganggapnya asam lambung lagi naik. Rasa tidak nyaman ini bahkan membuat kerongkongan kita terasa panas. Inilah yang disebut dengan sakit ulu hati, selain memanfaatkan asurdengan obat tentunya ada banyak cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat. Ini penting untuk kamu tau yaa, agar bisa segera mengatasinya kalau seandainya kamu tiba tiba mengalaminya.

Tapi sebelum itu kita ulas terlebih dahulu apa sih penyebab ulu hati terasa sakit. Lalu bagaimana cara mengatasinya apabila kondisi tersebut datang tiba tiba?

Macam Macam Penyebab Sakit Ulu Hati

Para ahli Kesehatan sudah menyatakan bahwa sakit ulu hati berawal dari asam lambung yang naik. Dimana asam lambung sendiri kamu butuhkan untuk memecah berbagai makanan yang kamu makan agar lebih mudah dicerna oleh perut kamu. Apabila kondisinya tidak stabil tentu saja ada efek sakit yang bisa kamu rasakan.

Terutama ketika cincin sfingter esofagus yang berupa katup bekerja tidak normal memungkinkan asam lambung akan naik hingga ke kerongkongan dan terjadilah refluks asam. Gejala yang muncul seperti dada terasa terbakar hingga belakang tulang dada, rasa nyeri yang naik hingga kekerongkongan akan menekan ulu hati, mulut pun terasa pahit dan sebagainya.

Sakit ulu hati ini sebenarnya juga bisa terjadi karena kamu mengkonsumsi obat obatan tertentu. Bisa juga karena lgaya hidup kamu ataupun diet yang sedang kamu jalani. Berikut ini hal-hal sehari hari yang memicu sakit ulu hati:

  • Makan secara berlebihan dan terlalu cepat.
  • Setelah makan malah berbaring.
  • Kamu terlalu banyak konsumsi kafein, minuman berkarbonasi, jeruk, berbagai macam alcohol, coklat dan juga makanan berlemak yang pedas.
  • Obesitas
  • Kamu aktif merokok.
  • Sedang dalam tingkat stress dan cemas yang cukup tinggi.

Hal hal seperti ini akan kamu alami beberapa menit hingga beberapa jam. Tentunya akan sangat tidak nyaman, apalagi kalau kamu tidak punya persediaan obat. Tentu kamu butuh cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat dengan begitu kamu bisa tau hal apa yang harus kamu lakukan jika tiba tiba asam lambung naik.

Beberapa Cara Mengatasi Sakit Ulu Hati Tanpa Obat yang Efektif

Ada beberapa cara mengatasi sakit ulu hati tanpa obat yang bisa kamu lakukan. Tapi tentunya harus kamu sesuaikan dengan kondisi tubuhmu, karena satu cara yang cocok di kamu belum tentu cocok untuk menyembuhkan orang lain.

Berikut ini cara mengatasi ulu hati yang sakit tanpa perlu bantuan obat obatan:

  • Konsumsi Pisang yang Matang

Pertama kamu bisa mengobatinya dengan memakan pisang yang sudah matang. Potassium yang tinggi ternyata bisa membuat lambung menjadi bersifat basa. Sehingga kamu bisa mencobanya apabila ulu hati kamu terasa sakit sampai kerongkongan.

Selain pisang kamu juga bisa mencoba buah melon, kemudian kembang kol yang segar, dan berbagai kacang kacangan.

  • Konsumsi Permen Karet Tanpa Gula

Permen karet tanpa gula jika kamu makan bisa meningkatkan produksi air liur kalian. Sehingga bisa membantu makanan terdorong dan asam lambung pun akan kembali netral.

  • Menghindari Makanan Pemicu

Ada banyak makanan maupun minuman yang bisa memicu refluks asam dan juga mulas. Nah buatlah daftar identifikasinya yang sekiranya buat asam lambung kamu naik. Bila perlu catat gejalaya agar kamu tidak panik jika tiba tiba terjadi refluks asam.

  • Tidak Makan Berlebihan dan Terlalu Cepat

Tahukah kamu jika kamu makan dengan porsi berlebihan akan membuat refluks asam naik hingga ke kerongkongan loh. Apalagi jika sebelumnya kamu belum makan sama sekali, malah semakin mudah asam lambung kamu kambuh.

Nah sebaiknya kamu selalu makan tepat waktu dan teratur dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Agar asam lambung tidak naik kembali secara cepat dan ingat kalau makan jangan cepat cepat yaa.

  • Tidak Makan Tengah Malam, Ngemil Malam dan Makan Sebelum Kamu Berolahraga

Perut yang terlalu kenyang saat kamu menjelang tidur juga bisa memicu refluks asam kamu naik hingga kerongkongan. Oleh karena itu sebaiknya kamu maksimal makan 3 jam sebelum kamu tidur dan kalaupun ingin olahraga sebaiknya makan setelahnya saja yaa.

  • Menggunakan Pakaian yang Longgar

Saat kamu merasa asam lambung kamu naik, maka longgarkan sabuk kamu agar perut tidak terlalu tertekan dan pinggang kamu juga lebih terasa bebas.

  • Memperbaiki Posisi Tidur

Apabila menjelang tidur kamu merasa asam lambung kamu naik, maka yang bisa kamu lakukan adalah mengangkat kepala dan juga dada menjadi lebih  tinggi daripada kaki kamu. Kamu bisa memanfaatkan bantal atau busa untuk mendapatkan posisi tersebut.

Tapi jangan terlalu berlebihan yaa karena bukannya mereda malah bisa memperburuk kondisi kamu. Kamu juga bisa tidur dengan posisi hadap kiri untuk mengurangi refluks asam.

  • Mengurangi Berat Badan, Tidak Merokok, dan Tidak Stress

Secara umum obesitas memang bisa memicu beragam penyakit, begitu pula dengan merokok, apalagi stress. So kamu harus menghindari keduanya jika ingin menyembuhkan ulu hati yang terasa sakit.

Nah itu tadi cara mengatasi ulu hati tanpa obat yang bisa kamu lakukan ketika tiba tiba terjadi. Meskipun begitu kamu juga harus punya persediaan obat lambung yaa untuk jaga jaga jika kondisi tidak kunjung membaik. Dan kamu juga bisa menunjang kesehatan kamu dengan mengurus asuransi online yang saat ini bisa kamu dapatkan dengan persyaratan yang mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.