Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Jerawat Kamu Makin Subur

Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Jerawat Kamu Makin Subur

Beberapa kebiasaan Buruk bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat . Beberapa kebiasaan ini juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk  secara sadar atau tidak sadar membentuk kebiasaan buruk. Jika demikian, perawatan kulit yang mahal akan  sia-sia jika kebiasaan buruk masih terbentuk. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat. Ini juga bisa menjadi penyebab kenapa jerawat selalu terasa gatal.

1.Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Ini adalah kebiasaan yang sering menimbulkan jerawat. Bakteri dan kotoran  di tangan bisa menempel di kulit dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, kulit Anda lebih rentan berjerawat.  Selain itu, benda-benda yang sering menempel di wajah seperti handphone, alat make up, bahkan keringat pun bisa menjadi penyebab jerawat.

2. Jarang mencuci rambut

Jarang keramas atau mencuci rambut dapat membuat rambut menjadi kotor, terutama bagi orang yang berambut panjang dan berponi. Kotoran di rambut akibat jarang keramas bisa menempel di wajah. Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat di kulit kepala, meski banyak orang yang kurang memperhatikannya.

3.Menggaruk Kulit Yang Gatal Terlalu Sering

karena dapat merusak kulit wajah dan menyebabkan robeknya jaringan. Jika Anda melanjutkan kebiasaan ini  saat kulit Anda berjerawat, tentu hal ini dapat menyebabkan kerusakan atau bahkan  bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

4.Cara Mencuci Wajah yang Salah

Salah satu kunci untuk mencegah timbulnya jerawat  adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa mencuci muka secara teratur adalah kebiasaan yang baik, tetapi sebenarnya tidak. Sering mencuci muka justru menyebabkan wajah berjerawat dan membuat kulit semakin teriritasi dan  sensitif. Padahal, jerawat juga bisa disebabkan oleh  penggunaan produk perawatan kulit yang berlebihan. Zat  dalam produk perawatan kulit  secara tidak sengaja dapat membunuh bakteri baik. Jadi penting untuk memperhatikan apakah perawatan kulit tertentu memicu jerawat.

5.Produk perawatan kulit yang tidak tepat

Memilih jenis kulit, rambut dan kosmetik yang salah dapat menyumbat pori-pori dan menumpuk komedo. Hal ini akan menjadi salah satu  penyebab timbulnya jerawat, terutama bagi mereka yang memiliki kulit berminyak. Misalnya, produk seperti hairspray yang disemprotkan ke rambut dapat meninggalkan residu di sekitar dahi. Bahan-bahan produk ini tidak ditujukan untuk kulit, sehingga  rentan berjerawat di dahi dan  sekitarnya. Karena itu, selalu pilih produk perawatan dan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Usahakan menggunakan produk yang berlabel non-comedogenic (tidak menyebabkan komedo).

5 kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan yang bisa menjadikan wajah kita penuh jerawat. Oleh sebab itu setelah mengetahui kebiasaan ini cobalah rubah beberapa kebiasaan buruk itu dengan kebiasaan lain. Kualitas air juga cukup menentukan kesehatan wajah karena air digunakan untuk membersihkan tubuh termasuk wajah. Apabila air di lingkungan kamu kurang bersih, kamu bisa melakukan konsultasi dengan perusahaan water treatment Indonesia untuk membantu membersihkan air tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.