Belajar Cara Trading Saham, Pahami 10 Istilah Penting Ini!

cara trading saham

Ingin belajar cara trading saham yang baik dan benar? Pertama-tama, Smart People perlu memahami beberapa istilah penting dalam dunia trading terlebih dahulu. Pemahaman istilah ini akan membantu Smart People untuk lebih mudah menguasai teknik trading saham yang berlaku. Mari mulai dengan memahami 10 istilah penting dalam bidang trading saham berikut ini!

1.                Buy and Sell

Aktivitas utama dalam trading saham adalah jual dan beli. Jadi jelas Smart People akan menjumpai istilah buy and sell yaitu jual dan beli saham. Di sini jelas bahwa buy adalah kegiatan membeli saham dengan nominal tertentu. Menurut teori, Smart People disarankan untuk membeli saham ketika harganya sedang turun atau lebih rendah.

Kemudian ada sell yaitu menjual saham. Sebaliknya, penjualan saham harus dilakukan ketika harga saham mulai meningkat. Namun tidak semua orang bisa menjual saham saat harganya naik. Beberapa orang harus menjual saham mereka tanpa imbal hasil yang besar demi melakukan cut loss. Biasanya ini terjadi dalam kondisi genting dimana harga saham terus turun dan tidak potensial.

2.                Candle Stick

Kemudian ada istilah candle stick yang sudah pasti akan Smart People jumpai saat trading saham. Candle stick ini merupakan bagian dasar dari saham. Ini merupakan istilah yang menunjukkan batang-batang dalam tampilan grafik pergerakan saham. Menariknya, batang-batang ini punya warna yang berbeda dan setiap warna menunjukkan makna yang tidak sama.

Batang yang berwarna merah menunjukkan bahwa harga saham sedang mengalami penurunan. Sementara itu batang yang berwarna hijau menjadi pertanda bahwa grafik saham sedang meningkat. Nantinya analisis candle stick ini akan sangat bermanfaat bagi trader dalam mengambil keputusan.

3.                Amend Order

Ada juga istilah amend order yang mengacu pada aturan untuk menurunkan atau meningkatkan angka pembelian dan penjualan setelah dilakukan konfirmasi. Umumnya pengaturan ini akan dilakukan ketika Smart People berada dalam proses mengantre setelah membeli atau menjual sebuah saham.

4.                Withdraw Order

Ada amend order, ada juga withdraw order. Ini merupakan istilah yang menunjukkan adanya proses pembatalan atau penarikan ulang dana saat trader berada dalam proses antrian jual maupun beli. Biasanya pembatalan ini dilakukan karena ada pertimbangan khusus dari pihak trader.

5.                Deposit

Dalam dunia trading, Smart People juga akan menemui istilah deposit. Bahkan deposit ini sangat penting dan menjadi salah satu komponen trading yang tidak boleh dilewatkan. Deposit merupakan sebutan saat seorang trader atau investor menyetorkan uang ke rekening saham atau Rekening Dana Nasabah (RDN). Deposit ini nantinya akan digunakan untuk membeli saham yang potensial.

Setiap aplikasi trading memiliki aturan minimal deposit yang berbeda-beda. Jika Smart People sudah menemukan aplikasi trading yang tepat, lebih baik langsung cari tahu berapa minimal deposit yang dibutuhkan. Segera lakukan deposit dengan metode transaksi yang tersedia.

6.                Capital Gain

Ini merupakan istilah yang bisa menunjukkan imbal hasil trading. Capital gain merupakan selisih antara nilai jual dan nilai beli sebuah saham. Namun perlu diketahui bahwa selisihnya tidak selalu menunjukkan angka positif. Pada kondisi tertentu bisa saja mendapatkan hasil selisih negatif yang artinya trader mengalami kerugian dari hasil penjualan saham tadi.

7.                Margin Trading

Jika Smart People mempelajari cara trading saham, pasti juga akan menemukan istilah margin trading. Ini merupakan istilah yang dipakai saat seorang investor membeli saham dengan uang pinjaman dari perusahaan sekuritas. Jadi investor bisa lebih mudah menjangkau saham yang diinginkan.

Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis saham yang ada di Bursa Efek Indonesia dapat dibeli dengan sistem margin tadi. Oleh sebab itu pembelian saham dengan sistem margin trading ini harus diperhatikan lagi dan harus dipilih jenis saham yang paling tepat.

8.                Bid

Lanjut ke istilah berikutnya ada bid. Arti dari bid adalah aktivitas untuk melihat berapa banyak jumlah orang yang antre untuk membeli saham tersebut. Jadi akan terlihat berapa banyak jumlah bid untuk saham yang akan dibeli. Biasanya bid ini akan ditemukan di aplikasi trading, tepat di bawah nama dan harga saham.

9.                Ask

Kebalikan dari bid, ask ini mengacu kepada total antrean yang akan menjual saham. Jadi bisa dikatakan bahwa bid tadi permintaan terhadap sebuah saham sementara ask ini merupakan penawaran. Ask juga biasa dikenal sebagai offer dan merupakan hal yang sangat penting untuk dipahami oleh para pemula agar bisa memulai trading saham di platform yang sudah mereka pilih.

Sistem ask atau antre ini akan membuat investor tidak bisa langsung mendapatkan saham yang sudah dipilih. Jadi saat menemukan saham dengan harga yang dianggap cocok, belum tentu investor bisa mendapatkannya. Harus antre dulu dan nantinya siapa yang paling cepat mengirimkan bid adalah orang yang akan mendapatkan saham tersebut.

10.          Annual Report

Dalam sebuah aktivitas trading saham, Smart People juga akan menemui istilah annual report. Ini merupakan laporan tahunan yang wajib dibuat oleh perusahaan yang secara resmi sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia. Annual report ini memuat banyak data mulai dari neraca perusahaan, laba rugi, neraca arus kas, dan lain sebagainya.

Apa fungsi annual report bagi investor dan trader? Jelas bahwa annual report ini nantinya akan digunakan sebagai acuan analisis untuk membeli saham atau tidak. Laporan ini akan menunjukkan kondisi finansial sebuah perusahaan sehingga bisa lebih mudah bagi trader untuk mengambil keputusan.

Langsung praktikkan cara trading saham yang sudah Smart People pelajari lewat aplikasi trading saham online RHB Tradesmart ID. Fiturnya canggih dan cara pemakaiannya juga mudah. Langsung saja unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan capai imbal hasil yang Smart People inginkan.

Sumber:

Sykes, Timothy. (2022, April 16). 38 Must-Know Stock Trading Terms for Beginners. Diakses pada tanggal 27 Desember 2022 melalui https://www.timothysykes.com/blog/trading-terms-you-need-to-know/.

Munazar, Yazid. (2022, Juni 03). 37 Istilah Saham Dasar untuk Investor Pemula. Diakses pada tanggal 27 Desember 2022 melalui https://ajaib.co.id/istilah-istilah-saham-untuk-investor-pemula/.

Awal, Sabda. (2022, Mei 30). 7 Istilah yang Harus Dipahami dalam Trading Saham bagi Pemula. Diakses pada tanggal 27 Desember 2022 melalui https://snips.stockbit.com/investasi/istilah-dalam-trading-saham.

Belajar Cara Trading Saham, Pahami 10 Istilah Penting Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.