Cara Efektif Pemasangan Isolasi Pipa Air Panas Anti Gagal

Tahukah Anda bahwa pipa air panas Anda memancarkan banyak panas yang artinya tidak bisa menghemat energi? Solusi yang pas adalah mengisolasi pipa Anda untuk mengurangi hilangnya panas yang terlalu banyak dan menaikkan suhu air sebesar 2 hingga 4 derajat Fahrenheit. Well, mengawali aktivitas pagi dengan mandi air hangat/air panas mungkin menjadi bagian dari rutinitas harian Anda. Bahkan, mengakhiri hari dengan berendam air hangat di bak mandi adalah cara terbaik untuk bersantai. Tapi berapa banyak uang dan energi yang dikeluarkan untuk mendapatkan keistimewaan air panas itu? Ya, mungkin ada yang bertanya-tanya akan hal itu padahal ada cara yang praktis dan tak banyak membuang uang.

Solusi akan hal tersebut adalah pemasangan dan pengisolasian pipa air panas. Memasang juga mengisolasi pipa jenis ini telah menjadi kebutuhan tersendiri di modern era ini. Pemasangannya sangat prkatis bahkan jika di rumah anda mempunyai saluran khusus air panas maka anda bisa lebih menghemat energi. Apakah anda tertarik dan berniat memasangnya?

Langkah Efektif Pengisolasian Pipa Air Panas

Well, proses pemasangan plus pengisolasian pipa air panas terbilang sangat mudah. Tak banyak waktu yang anda butuhkan, cukup beberapa jam saja dan anda bisa langsung menyelesaikannya. Penasaran bagaimana langkah efektifnya, simak yuk.

1.     Pengukuran pipa

Sebelum memulai, Anda harus mengukur pipa untuk memastikan bahwa insulasi yang Anda beli jumlah dan ukurannya sudah tepat sehingga anda bisa menyelesaikan proyek. Pertama-tama, Anda harus mengukur diameter pipa. Ukuran diameter umumnya berkisar dari 3/8 inci hingga satu inci. Selongsong busa harus pas di sekeliling pipa. Kemudian, ukur panjang pipa yang terbuka. Anda juga bisa memotong potongan busa. Anda sangat disarankan untuk mengukur dua kali dan mencatatnya untuk memastikan Anda telah mengukurnya dengan benar.

2.     Pembelian isolasi

Anda dapat membeli insulasi pipa di sebagian besar toko perbaikan rumah entah toko offline maupun online. Pastikan untuk memilih isolasi pipa yang paling sesuai dengan jenis pemanas air Anda. Jika Anda memiliki pemanas air gas, Anda sebaiknya memilih insulasi yang tidak mudah terbakar. Pemasangan fiberglass satu inci yang dilindungi dengan kawat atau pita aluminium foil adalah pilihan yang sangat baik. Saat proses pemasangan fiberglass, pastikan Anda memakai sarung tangan, pakaian, dan juga kacamata pelindung.

3.     Persiapan bahan & ruang pemasangan

Setelah Anda membeli dan memiliki insulasi pipa, saatnya anda mengumpulkan semua bahan dan bersiap untuk memulai pemasangan pipa air panas! Siapkan kotak alat yang berisikan Kemasi diri Anda dalam kotak dengan semua isolasi, pengikat, gunting atau pisau tajam, pita pengukur, handuk, dan lampu depan atau senter.

Sebelum memulai pemasangan, pastikan pipa bersih dan kering. Jika tidak, luangkan cukup waktu untuk mengelapnya dengan handuk hingga kering juga bersih. Selanjutnya, ukur lagi panjang pipa dan potong bagian insulasi agar pas.

4.     Pemasangan isolasi

Ini adalah langkah terakhir. Selipkan bagian insulasi yang dipotong tersebut ke atas pipa Anda, berhati-hatilah agar tidak mengenai pipa. Jika menggunakan insulasi busa atau fiberglass, sebaiknya pasang dengan jahitan menghadap ke bawah.

Saat proses serang berlangsung, tambahkan pengikat setiap satu hingga dua kaki untuk menahan isolasi di tempatnya. Untuk pemanas listrik, pasang insulasi sampai ke pemanas air dan keluarannya di bak cuci dan bak. Tiga kaki pertama di kedua arah itu sangat penting untuk efisiensi energi. Jika Anda memiliki pemanas air gas, isolasi harus dijauhkan setidaknya enam inci dari cerobong asap untuk mencegah kerusakan dan kebakaran.

Well, itulah beberapa langkah praktis memasang dan mengisolasi pipa air panas. Yang penting dalam hal ini yakni dalam pengisolasian pipa air panas tak membutuhkan waktu lama dan tidak berdampak pada gaya hidup Anda. Anda akan terus menikmati mewahnya mandi dengan air hangat dan menghemat energi, air, dan pastinya uang. Dan pastikan anda juga menggunakan pipa air panas yang kualitasnya paling bagus, salah satunya yang diproduksi oleh Rucika. Karena pipa air panas mereka menggunakan material PP-R dan mampu menyimpan panas dalam waktu yang cukup lama. Selain itu mereka menyediakan berbagai macam ukuran dan jenis yang bisa kamu sesuaikan dengan pipa air panas kebutuhanmu. Detail lebih lengkapnya mengenai pipa air panas Rucika bisa kamu peroleh dengan mengunjungi web resmi mereka di www.rucika.co.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *