Kenali Lebih Lanjut Mengenai Apa Saja Pertimbangan Memilih Produk Asuransi Terbaik

produk asuransi

Produk Asuransi – Mempunyai asuransi ialah salah satu hal yang wajib dimiliki, terlebih bila Anda adalah seseorang kepala keluarga serta pencari nafkah tunggal. Asuransi mempunyai manfaat yang bermacam-macam, tetapi biasanya asuransi digunakan untuk mengurangi resiko finansial akibat dari musibah yang dapat terjadi kapan saja.

 

Terdapat berbagai jenis produk asuransi, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, kendaraan, dan yang lain. Anda dapat memilih asuransi yang cocok dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa cara memilih produk asuransi untuk Anda beserta keluarga, seperti:

 

1. Pastikan bahwa agen asuransi mempunyai lisensi AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia)

 

Salah satu pertimbangan awal dalam memilih produk asuransi merupakan dengan memastikan bahwa agen asuransi yang menawarkan produknya pada Anda mempunyai lisensi dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Hal ini guna meminimalisir terbentuknya penipuan berkedok asuransi, serta untuk mengukur seberapa reliabel agen asuransi tersebut.

 

Lisensi dari AAJI ini juga digunakan sebagai pembuktian kalau agen asuransi tersebut bukan cuma broker jasa jual beli produk asuransi biasa.

 

2. Kenali lebih dekat tentang kebutuhan serta kemampuan Anda

 

Dalam memilih produk asuransi, Anda dianjurkan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Salah satu contohnya adalah dengan mengukur pemasukan serta menghitung jumlah pengeluaran bulanan Anda. Kemudian, Anda bisa coba buat menghitung berapa persen dari selisih antara pendapatan dan pengeluaran yang hendak Anda pakai guna membeli produk asuransi. Bila Anda sudah menemukan kisaran angkanya, Anda bisa memilih produk asuransi yang terdapat di kisaran angka tersebut.

 

Hal ini berguna untuk meminimalisir terbentuknya gagal bayar premi yang mana dapat membuat manfaat dari produk asuransi yang Anda miliki selama ini lenyap begitu saja.

 

3. Kenali lebih lanjut mengenai perusahaan asuransinya

 

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengidentifikasi lebih lanjut mengenai calon perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Hal ini guna meminimalisir resiko terbentuknya gagal bayar perusahaan asuransi pada nasabah. Caranya adalah dengan metode cek tingkatan kesehatan keuangan perusahaan tersebut. Untuk mengetahui tingkatan kesehatan keuangan dari industri tersebut, Anda bisa melakukannya dengan mengecek rasio solvabilitasnya. Angka minimum dari rasio solvabilitas perusahaan asuransi yang telah diresmikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah 120 persen.

 

4. Pertimbangkan dengan seksama

 

Terakhir, Hal yang wajib Anda perhatikan saat sebelum membeli produk asuransi adalah dengan mempertimbangkannya. Beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan adalah jumlah iuran dari premi, seberapa perlunya Anda terhadap asuransi tersebut, dan seberapa besar manfaat yang Anda dapatkan bila memakai produk asuransi tersebut. Bila seluruhnya telah sesuai dengan ekspektasi Anda, Anda bisa membeli produk asuransi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.