Lengkap Rumus Luas dan Volume untuk Bangun Ruang 3 Dimensi

Rumus Volume Bola

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai bangun ruang tiga dimensi, terdapat 7 buah bangun ruang yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini diantaranya ada:

  • Kubus
  • Balok
  • Prisma
  • Limas
  • Tabung
  • Kerucut
  • Bola

Semua bangun ruang yang sudah di sebutkan di atas ini bisa di hitung untuk luas permukaannya dan juga volumenya.

 

Bangun Ruang Kubus

Kubus ini adalah salah satu bangun ruang tiga dimensi yang di batasi dengan 6 buah persegi atau bujur sangkar yang saling kongruen. Ke eman bujur sangkar tersebut bisa di bilang sisi kubus dan garis kubus ynag jadi perpotongan untuk dua sisi kubus yang lebih di kenal dengan rusuk kubus. Bangun ruang kubus ini punya 12 buah rusuk yang sama panjangnya.

Luas Permukaan Kubus = 6s x s = 6s2

Volume Kubus = s x s x s = s3

 

Bangun Ruang Balok

Balok ini termasuk bangun ruang tiga dimensi yang punya 6 buah sisi yang masing- masing sisinya ini berhadapan dan saling kongruen. Bangun ruang balok ini punya 12 buah rusuk dan di bagi menjadi 3 kelompok panjang yang beda yang biasa di sebut panjang (p), tinggi (t), dan lebar (l).

Luas Permukaan Balok = 2 (pl +pt + lt)

Volume Balok = p x l x t

 

Bangun Ruang Prisma

Prisma ini adalah bangun ruang 3 dimensi yang terdiri dari bua bidang yang kongruen dan sejajar yang biasa di sebut dengan penampang. Bidang tersebut menguhubungkan kedua penampang yang biasa di sebut dengan selimut prisma. Ada beberapa jenis prisma berdasarkan penampangnya yaitu prisma segitiga jika bentuk dari penampangnya ini segitiga, prisma segiempat jika bentuk dari penampangnya ini segiempat.

Luas Permukaan Prisma = 2 Luas Alas + Keliling Alas x t

Volume Prisma = Luas Alas x t

 

Bangun Ruang Limas

Limas ini adalah bangun ruang yang memiliki satu buah bidang alas dan selimur bangun yang bentungnya segitiga. Pertemuan untuk satu titik yang ada di puncak di sebut sengan titik puncak limas.

Luas Permukaan Limas = Luas Alas + Luas Selimut

Volume Limas = 1/3 x Luas alas x t

 

Volume Tabung

Tabung ini adalah bangun ruang yang punya dua bidang penampang yang bentuknya lingkaran yang sejajar. Bidang selimut ini merupakan sebuah bidang persegi panjang yang melengkung secara mulus dan mengikuti keliling penampangnya atau bidang lainnya.

Luas Permukaan Tabung = 2 Luas Alas + Luas Selimut

= 2 πr2 + 2 πrt

Volume Tabung = πr2 x t

 

Bangun Ruang Kerucut

Kerucut adalah bangun ruang yang di batasi dengan bidalng alas yang bentuknya linkaran dan bidang selimut yang melengkung sesuai dengan keliling dari lingkaran.

Luas Permukaan Kerucut = Luas Alas + Luas Selimut

= πr2 + πr (r + s)

Volume Kerucut = 1/3 πr2 x t

 

Bangun Ruang Bola

Bangun ruang in cukup sering kita temukan dalam kehidupan sehari- hari. Bola ini termasuk juga ke dalam bangun ruang yang punya jarak sama dengan titik tertentu yang sering di sebut dengan pusat bola.

Rumus Luas Permukaan Bola = 4 πr2

Rumus Volume Bola = 4/3 πr3

 

Nah itu dia penjelasan mengenai bangun ruang tiga dimensi yang sudah kita bahas, semoga informasinya bermanfaat ya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.