Macam- macam Gerak Otot yang Wajib Anda Ketahui

macam macam gerak otot

Apakah Anda ini pernah bertanya mengenai berapa banyak jumlah otot yang ada di dalam tubuh? Kemudian bagaimana juga macam macam gerak otot? Seperti yang di sebutkan Library of Congress jika otot yang ada di dalam ranga tubuh manusia ini diperkirakan ada 650 otot. Otot yang ada dalam tubuh ini memiliki fungsi yang cukup vital salah satunya adalah untuk memindahkan makanan dari saluran pencernaan, kemudian memompa darah di jantung.

 

Macam Macam Gerak Otot

Untuk lebih lanjut ini dia beberapa macam- macam gerak otot yang ada di tubuh manusia:

  • Fleksi dan Ekstensi

Yang pertama ini ada fleksi dan eksistensi. Fleksi ini merupakan gerakan yang bisa mengurangi sudut dari dua tulang, sedangkan untuk ektensi merupakan gerakan untuk menambah sudut dari dua tulang. Contoh untukĀ  fleksi dan juga ektensi bisa Anda lihat dari gerakan saat menganggukan kepala. Untuk contoh yang lainnya adalah data berdiri dengan posisi kaki yang lurus. Gerakan satu ini memperagakan gerakan untuk ektensi. Lalu jika Anda ada dalam posisis jongkok maka otot anda sedang melakukan gerakan fleksi.

  • Abduksi, Adduksi, dan Sirkumduksi

Abduksi dan adduksi merupakan gerakan untuk anggota badan, jari tangan, tangan dan juga kaki di bidang gerak koronal. Mengerakan anggota badan atau juga tangan Anda ke samping untuk menjauhi tubuh atau dengan merentangkan jari kaki atau tangan merupakan geraka dari otot abduksi. Adduksi merupakan gerakan membawa anggota badan atau tangan ke arah atau melintas garis tengah tubuh, bisa juga menyatukan jari tangan dan juga jari kaki. Sirkumduksi merupakan gerakan anggota badan, kari, dan tangan dengan pola yang melingkar. Menggunakan kombinasi yang di hasilkan dari gerakan ekstensi, adduksi, fleksi, dan abduksi. Gerakan otot ini biasanya terjadi di pinggul, bahu, metatarsophalangeal, metakarpofalangeal, dan tangan.

  • Supinasi dan Pronasi

Gerakan Supinasi dan Pronasi ini mengacu kepada gerakan rotasi bolak-balik dari lengan dan juga kaki. Tapi baik Supinasi dan Pronasi keduanya ini memiliki pengertian masing- masing. Supinasi ini merupakan gerakan otot yang bisa memutar lengan dan juga juga kaki jadi posisi telapak tangan ada di arah atas. Pronasi merupakan gerakan oto yang ada di lengan bawah yang membuat telapak tangan jadi mengarah ke belakan atau ke bawah. Kedua gerakan ini merupakan pasangan yang cukup unik dan hanya bisa terjadi di lengan.

  • Dorsofleksi dan Plantar Fleksi

Dorsofleksi dan plantar fleksi ini adalah sebuauh gerakan sendi yang ada di pergelangan kaki yayng merupakan sendi engsel. Otot ini hanya satu- satunya gerakan yang bisa di lakukan dan ada di sendi pada pergelangan kaki.

  • Inversi dan Eversi

Terakhir ada Inversi dan Eversi, gerakan yang satu ini bisa menjadi gerakan yang cukup kompleks dan melibatkan beberapa sendi yang ada di antara tulang tarsal kaki posterior (sendi intertarsal) dengan begitu bukan hanya gerakan yang ada di pergelangan kaki. Inversi ini merupakan gerakan untuk memiringkan kaki di bagian bawah dan kaki ke bagian garis tengah. Eversi adalah otot yang berguna untuk membalikan kaki bagian bawah supaya bisa menjauhi garis tengah. Kaki ini punya rentang inversi yang jauh lebih besar jika di bandingkan dengan eversi. Itu dia merupakan sebuah gerakan yang sangat penting untuk membuat kaki menjadi lebih stabil saat sedang berlali atau berjalan pada permukaan yang memang tidak rata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.