Pengertian, Fungsi dan Manfaat NFT

NFT adalah

Seiring perkembangan jaman yang  serba canggih dan modern ini tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya teknologi. Dan teknologi  pada saat ini benar-benar dimanfaatkan oleh manusia untuk mendukung segala aktivitasnya sehari-hari supaya lebih efektif dan efesien.

Teknologi ini bisa mempermudah segala aktivitas manusia di segala bidang. Misalnya di bidang transfortasi, telekomunikasi, informasi, dan lain sebagainya. Selain itu, teknologi juga merupakan keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk keberlangsungan hidup serta kenyamanan manusia.

Salah satu tren baru yang cukup diminati banyak orang pada era modern ini adalah jual beli aset digital. Dari sekian banyak produk aset digital yang sedang banyak diperbincangkan salah satunya adalah NFT.

Lantas, apa itu NFT? Apa fungsi dan manfaat NFT? Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian NFT

NFT adalah kepanjangan dari non-fungible token, yakni merupakan sebuah aset digital yang mewakili objek di dunia nyata. Adapun beberapa contoh dari NFT diantaranya adalah video pendek, lukisan, seni musik, item dalam game, dan lain sebagainya.

Adapun sistem transaksi jual beli NFT adalah dengan cara online dengan menggunakan Cryptocurrency (uang mata kripto) sebagai salah satu mata uang yang digunakannya.

Secara sederhanya NFT bisa diartikan sebagai aset digital yang mewakili barang berhargaa dengan nilai yang tidak bisa diganti atau ditukar. Dan setiap produk NFT memiliki data catatan transaksi yang berada di dalam blockhain. Dimana, data tersebut menginformasikan tentang siapa pembuatnya, harga, dan histori kepemilikan.

Fungi NFT

Lantas, apa fungsi NFT? Ada beberapa fungsi dari NFT sebagai berikut ini:

1. Industri Seni

Fungsi NFT yang pertama adalah untuk indsutri seni. Dalam hal ini, karakteristik serta keunikan NFT akan mengevaluasi kembali sektor seni digital. Selain itu, NFT juga menawarkan keamanan yang dibutuhkan pengguna untuk karya yang dipubilkasikan secara online. Yang mana, konten bisa disebar bebas serta bisa diklaim dengan mudah oleh pihak lain, yang tentunya bisa merugikan orang yang membuatnya.

 

2. Bisnis

Selain industri seni, NFT juga bermanfaat untuk bisnis properti, aset, lisensi dan olahraga. Pasalnya, dengan adanya NFT sehingga setiap transaksi yang terjadi akan tercatat di dalam blockchain. Dengan demikian, dapat meminimalisir terjadinya pencurian, penipuan dan kehilangan aset.

 

3. Hobi dan Hiburan

Fungsi NFT dalam sektor hiburan dan hobi cukup banyak. Dengan adanya NFT anda bisa menyaksikan cuplikan-cuplikan dari NBA Top Shot, Kucing virtual daari CryptoKitties, dan avatar-avatar unik dari CryptoPunks, serta CryptoKiites dan Axie Infinity.

Manfaat NFT

Setelah mengetahui tentang pengertian dan manfaat NFT, selanjutnya akan membahas tentang manfaat NFT.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa NFT saat ini sedang ramai diperbincangkan di seluruh dunia. Sehingga tidak heran, kepopuleran NFT menjadikan semua orang penasaran dan ingin berusaha untuk mendapatkannya.

Hal ini bukanlah tanpa alasa, sebab NFT memiliki banya manfaat yang bisa didapatkan oleh penggunanya. Salah satu manfaat NFT adalah dapat mempermudah content creator maupun artis guna mempromosikan serta menjual karya-karya digitalnya.

Dengan demikian, mendapatkan komisi dari setiap aset NFT yang dijual dan berpindah kepemilikan semakin besar.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang pengertian, fungsi dan manfaat NFT. Semoga tulisan ini ada guna dan manfaatnya bagi kita semua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.