Sudah Tahu Cara Menyambung Kabel XLR Untuk Sound System? Cek Di Sini

Sebuah sistem suara terintegrasi, tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya perangkat kabel. Sebagai penghubung satu peranti ke lainnya, pastinya kabel tidak bisa disambungkan secara sembarangan. Seperti konektor XLR, yang pasti menjadi salah satu produk dari tempat jual sound system. Untuk membantu Anda, simak beberapa ulasan berikut ini.

Menyambungkan Kabel Balanced XLR

Kabel atau konektor XLR sendiri sebenarnya juga dikenal dengan input balanced. Peranti ini sudah sangat umum ditemukan di dalam kegiatan rekaman. Dalam hal ini, Anda harus tahu bahwa terdapat dua jenis konektor, male dan female (cewek dan cowok). Konektor tersebut biasanya ada pada badan casing peranti, soundcard, mixer, dan lainnya.

Setelah itu, Anda baru bisa melihat apakah kabel microphone balanced yang dimiliki sesuai dengan perangkat audio lainnya. Kompatibilitas ini kerap menjadi isu, yang mana harus Anda cek terlebih dahulu. Apabila sudah sesuai, Anda bisa melakukan pemasangan dengan mengutamakan peletakan api, badan, dan ground dengan baik.

Lakukan pengupasan kulit kabel untuk menyambungkan konektor. Biasanya, konektor tersebut memiliki tiga hingga empat kabel. Lakukan secara berhati hati, dan kemudian lakukan pemasangan konektor pada kabel. Anda juga bisa bertanya solusi lain dari tempat jual sound system, apabila Anda merasa ragu dengan apa yang akan dilakukan.

Penyambungan konektor dengan kabel bisa dilakukan dengan membungkus kawat sesuai dengan konektor. Pilih warna yang sesuai, pastikan kabel terhubung dengan sempurna sebelum diisolasi. Potong kabel yang berlebihan dan jangan sampai satu kabel bersentuhan dengan lainnya. Kemudian, kencangkan dengan sekrup dan isolasi tiap kawatnya.

Kabel XLR Ke Microphone

Pada umumnya mixer audio tidak memiliki jack untuk microphone, namun menggunakan kabel XLR. Jika demikian, satu satunya solusi penyambungan adalah dengan mengelupas kabel dan membuka bagian jack female. Apabila telah terbuka, Anda bisa menyambungkan kabel sesuai dengan fungsi dan setiap kontak yang ada pada badan female mic.

Berkaitan dengan hal tersebut, Anda perlu menyambungkan 3 kabel yang ada. Kabel dengan angka 1 adalah rangkaian ground, nomor dua adalah kabel hot, dan 3 adalah cold. Pastikan Anda melakukan penyambungan dengan benar untuk menghindari konslet atau arus pendek. Setelah itu, solder ketiga kabel tersebut dan pasang kembali pada frame penutup.

Tempat jual sound system terpercaya dan berpengalaman bisa Anda jadikan sumber ilmu dan bantuan. Anda bisa bertanya akan alternatif lain untuk masalah perbedaan konektor, atau bahkan rekomendasi produk yang sesuai. Apabila Anda berkeinginan untuk menyambungkan sendiri, gunakan Avometer untuk melihat keadaan dan hasil dari koneksi kabel.

Kedua tahapan tersebut hendaknya Anda pahami dengan betul sebelum melakukan instalasi. Pasalnya XLR sendiri bertugas sebagai penghubung mic dengan mixer dan perangkat lainnya. Agar hasil rekaman lebih maksimal, ada baiknya Anda pilih produk berkualitas seperti besutan Shuree. Anda pun bisa membelinya melalui distributor resmi Goshen Swara Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *