Waspada Penipuan yang Mengatas namakan GoPay, Lindungi Keamanan Saldo kamu!

Keamanan akun kamu merupakan prioritas GoPay. GoPay terus prioritaskan keamanan informasi pengguna dengan mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2013 Information Security Management System – ISMS atau Sistem Manajemen Keamanan Informasi sejak Oktober 2020 sebagai bentuk komitmen kepada pelanggan dalam menjaga keamanan informasi pengguna.

Namun untuk menjaga keamanan akun dan saldo GoPay juga dibutuhkan kerjasama dari pelanggan. GoPay tidak akan berhenti mengingatkan agar masyarakat terus menjaga keamanan digital melalui inisiatif #AmanBersamaGoPay dengan menerapkan JAGA.

 

J: Jangan transfer di luar aplikasi dan jangan asal transfer ke nomor yang tidak dikenal

A: Amankan data pribadi

G: Gunakan identifikasi seperti verifikasi biometrik atau PIN untuk bertransaksi

A: Adukan segera hal mencurigakan kepada layanan pelanggan atau pihak berwenang jika menjadi korban kejahatan siber

 

Lalu ada fitur terbaru dari GoPay, yaitu fitur fingerprint dan face ID yang bisa menambah sistem teknologi keamanan bagi pengguna untuk menjaga  setiap transaksi GoPay.

Berbicara mengenai keamanan akun, saat ini banyak penipuan cyber yang terjadi,. Ada tiga modus penipuan yang paling sering terjadi belakangan ini, diantaranya adalah:

 

Penipuan Penjual Palsu:

  • Biasanya dilakukan oleh penjual online lewat media sosial. Paling banyak ditemukan penipuan pada penjual item game (top-up, diamond, akun game, turnamen e-sport). spotify/netflix hingga kebutuhan sehari-hari.
  • Menerima pembayaran melalui transfer GoPay, setelah menerima barang tidak dikirim.
  • Karena itu pastikan untuk selalu cek reputasi seller sebelum membeli.

 

Penipuan Akun Media Sosial Palsu

  • Sering ditemukan kasus pada pengguna yang komplain lewat sosial media.
  • Akun penipu mirip dengan username akun official GoPay
  • Menggunakan modus “Cek DM” dan menyamar menjadi CS GoPay
  • Penipu akan direct message langsung ke pengguna untuk meminta nomer HP, data pribadi, kode OTP hingga keterangan detail pada e-KTP dan perbankan.
  • Jadi pastikan untuk selalu cek keaslian akun. Akun official GoPay memiliki tanda centang biru / verifikasi dan jangan berikan data pribadi ke pihak yang tidak dikenal

 

Penipuan Dengan Modus Meminta Kode OTP / PIN

  • Bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, biasanya penipuan menyasar pengguna dengan mengatakan berasal dari perusahaan besar, seperti GoPay
  • Penipu memberikan informasi bahwa pengguna mendapatkan hadiah undian atau sejenisnya
  • Penipu menggunakan modus dengan menyampaikan bahwa mereka akan mengirimkan kode dari GoPay untuk konfirmasi jawaban pemenang

Jangan sekalipun memberikan kode OTP ke pihak manapun termasuk yang mengaku atau mengatasnamakan GoPay. Karena dalam kasus ini penipu mencoba masuk ke akun GoPay milik korban dari HP lain sehingga membutuhkan kode OTP. Jika kode OTP diberikan ke penipu, maka penipu bisa masuk ke akun GoPay dan menggunakannya dengan leluasa.

Waspadai juga berbagai modus kejahatan yang mengatasnamakan GoPay. Tetap terapkan JAGA dan jangan lupa untuk selalu laporkan jika kamu menemukan aktivitas yang mencurigakan terkait akun kamu ke CS GoPay. Kamu langsung melaporkannya karena CS GoPay sedia layanan selama 24 jam penuh.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *